Hasrat untuk berubah

ketika aku masih muda dan bebas berkhayal.
aku bermimpi ingin mengubah dunia.
seiring bertambahnya usia dan kearifan ku.
kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah.
maka cita-cita itu pun agak kupersempit
lalu kuputuskan hanya untuk mengubah negeriku.
Namun, tampaknya hasrat itu pun tiada hasil.
tatkala usiaku makin senja.
dengan semngatku yang masih tersisa.
Kuputuskan untuk mengubah keluargaku.
Orang-orang yang dekat denganku
Sayangnya, mereka pun tak mau diubah
kini,sementara aku berbaring menunggu ajal menjelang.
Tiba-tiba kusadari;
andaikan yang pertama-tama kuubah diriku
maka dengan menjadikan diriku sebagai teladan mungkin aku bisa mengubah keluargaku.
Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka
Bisa jadi aku pun bisa memperbaiki negeriku
kemudian siapa tahu, aku bisa mengubah Dunia.

*) tulisan di sebuah makam westminster Abbey, inggris 1100 Masehi

Leave a Reply

